Kamis, 22 Desember 2016

Apa itu software dan hardware?

Kata ini tidak asing lagi bagi kita semua, sering kita temui saat kita memiliki sebuah komputer. Hanya sedikit orang yang memahami arti dari istilahnya. Untuk mudah memahaminya, mari kita simak sifat-sifatnya.

Software
Software atau perangkat lunak adalah seperangkat barang yang digunakan didalam komputer atau yang bisa disebut tidak dapat disentuh dengan tangan/kontak langsung dengan badan. Perangkat lunak ini digunakan untuk komputer dalam menjalankan perintah atau memproses data hingga berkoordinasi dengan Hardware. Perangkat lunak dapat dilihat melalui perantara, yaitu melalui Hardware berupa monitor dan dapat dioperasikan atau disentuh dengan Hardware lainnya seperti mouse/mice, keyboard, touchpad, dan layar sentuh. Perangkat lunak bisanya berupa program (berekstensi: exe. dll. dat. .... dan lain-lainnya), data, file yang ada di sistem komputer.

Hardware
Hardware atau perangkat keras adalah seperangkat barang yang amat keras yang dapat kita lihat secara kasat mata hingga dirasakan menggunakan kontak badan langsung. Misalnya, mouse, keyboard, monitor, speaker, dan lain-lain. Hardware ini berfungsi dan sangat berguna sebagai perantara untuk dapat mengoperasikan atau menjalankan perintah terhadap komputer dengan mudah. Tanpa Hardware, komputer tidak dapat berjalan sebab Hardware bisa disebut juga organ-organ tubuh komputer.

Begitulah artinya software dan hardware. Supaya mudah diingat, ingat saja kata 'soft' artinya lunak dan kata 'hard' itu keras/sulit/susah. Demikian itu sekilas hal yang saya sampaikan, jika ada yang lain lagi, silahkan komentar saja. Saya akan post lebih banyak lagi nanti untuk menjawab pertanyaan atau permintaan Anda. Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan kata yang kurang, saya ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar