Kamis, 22 Desember 2016

Advanced Micro Devices (AMD)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Advanced Micro Devices, Inc
JenisPublik
Industri/jasaSemikonduktor
Didirikan1969
Kantor pusatOne AMD Place SunnyvaleCaliforniaAmerika Serikat
Tokoh pentingRory Read, CEO
ProdukMikroprosesor
Chipset Papan induk
Graphics processing unit(GPU)
Pendapatan US$422 billion (FY 2012)
Laba usaha US$1.056 million (FY 2012)
Laba bersih US$1183 million (FY 2012)
Jumlah aset US$4.000 billion (FY 2012)
Jumlah ekuitas US$538 million (FY 2012)
Karyawan
11.705 2012
homepage = [1]
SloganThe future is fusion
AMD (Advanced Micro Devices, Inc) NYSEAMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di SunnyvaleCalifornia yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk mikroprosesorchipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk serverworkstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.
AMD adalah terbesar kedua pemasok global mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel Corporation, dan ketiga terbesar pemasok unit pengolahan grafis. Ia juga memiliki 21 persen dari Spansion, pemasok non-volatile memori flash. Pada tahun 2007, AMD peringkat kesebelas antara produsen semikonduktor dari segi pendapatan.
AMD dahulu mempunyai 2 buah pabrik yaitu pertama berada di AustinTexas, Amerika dan pabrik kedua berada di DresdenJerman namun, semenjak tahun 2012 pabrik AMD memisahkan diri sebagai perusahaan sendiri yang bernama Global Foundries. walaupun begitu, AMD tetap memesan pembuatan microprocessor terhadap bekas pabriknya tersebut dan juga AMD juga memesan pembuatan microprocessornya pada perusahaan asal taiwan yang bernama TSMC untuk memproduksi microprocessor hemat daya semacam amd z series
AMD mengumumkan merger dengan ATI Technologies pada 24 Juli 2006. AMD dibayar $ 4,3 miliar dalam bentuk uang tunai dan 58 juta saham dari saham dengan total sebesar US $ 5,4 miliar. Merger selesai pada 25 Oktober 2006 dan ATI sekarang bagian dari AMD.
Pada tahun 2011 AMD melakukan beberapa perombakan untuk produknya yang salah satunya adalah AMD mengeluarkan produk terbaru yang bernama AMD Accelerated Processing Unit. yang di mana teknologi ini menggabungkan unit processor AMD, chipset northbride dan chipset pengolah grafis (GPU) Radeon, menjadi satu buah processor yang di mana di harapkan mampu untuk bersaing dengan rivalnya intel untuk pangsa pasar processor low-mid end. keunggulan dari amd apu adalah kinerja pengolah grafis yang mumpuni yang setara dengan kartu grafis professional yang di mana juga bisa menggunakan kartu grafis AMD Radeon seri tertentu untuk meningkatkan kinerja grafis sampai 2x kali lipat dengan teknologi AMD Dual Grafis dan pada tahun ini juga AMD mengeluarkan processor AMD FX yang menggunakan arsitektur modular terbaru yang agak mirip dengan feature hypertreading intel, yang di mana di harapkan dengan arsitektur modular ini, AMD bisa menciptakan processor yang lebih hemat daya, rendah suhu dan juga memiliki harga yang terjangkau di banding dengan konsep arsitektur multithread biasa yang dipakai di processor generasi sebelumnya. juga akan berniat untuk menggunakan konsep arsitektur modular ini untuk digunakan di processor AMD FX, AMD APU dan juga AMD Opteron generasi selanjutnya. selain memperkenalkan produk terbaru, AMD juga agresif untuk dukungan software salah satunya adalah memperbanyak dukungan game dan software yang di optimalisasikan dengan prodak AMD baik processor dan kartu grafis. AMD juga mengadakan program nevel settle bundle pada tahun 2012-2013 yang di mana memberikan kupon beberapa game yang sudah di optimalisasikan dengan kartu grafis dan processor AMD apu terbaru AMD salah satunya adalah game farcry 3.
Beberapa produk mikroprosesornya yaitu:
  1. untuk pangsa pasar server :
  2. untuk pangsa pasar Desktop :
  3. untuk pangsa pasar laptop :
  4. untuk pangsa pasar produk embedded :
  5. untuk pangsa pasar produk tablet pc :
Beberapa produk kartu grafis nya yaitu :
  1. untuk pangsa pasar desktop :
  2. untuk pangsa pasar laptop :
  3. untuk pangsa pasar professional dan pangsa pasar server :
  4. untuk server cloud khusus gaming
produk processor dan kartu grafis AMD juga terpasang di beberapa konsole gaming salah satu produk tersebut adalah :
  • xbox 360 : menggunakan kartu grafis ATI xenos
  • Nintendo Wii : menggunakan kartu grafis ATI holywood
  • Nintendo Wii U : menggunakan kartu grafis AMD radeon latte
  • Playstation 4 : menggunakan processor AMD apu 8 core dan grafis radeon yang sudah ter-intregrasi dengan AMD apu
  • Xbox one : menggunakan processor AMD apu 8 core dan grafis radeon yang sudah ter-intregrasi radeon r9

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

1 komentar: